Komunitas CLEAN THE CITY PEKANBARU, Aksi bersihkan sampah di Tahun Baru

Sekelompok pemuda dari komunitas clean the city, menyambut malam tahun baru berjalan kaki, membentang spanduk dan beberapa styro foam di depan Gedung Idrus Tintin atau Purna MTQ, Jalan Sudirman Pekanbaru. Mereka mengajak pedagang dan penikmat jalan buang sampah pada tempatnya.

Mereka berseru, jangan buang sampah di selokan, pungut kembali sampah sisa makanan yang berserakan di taman, budayakan cinta lingkungan dan kebersihan.

Paginya, mereka bersihkan sampah di depan kediaman dinas Gubernur Riau, Jalan Diponegoro. Sampah berserakan di sepanjang trotoar, di sudut dan dalam pot bunga, di selokan, di pelataran tugu hingga di bahu jalan. Mereka melakukannya sebelum petugas kebersihan datang. Jumlah mereka lebih banyak, anak-anak, perempuan remaja dan ibu rumah tangga.

Saat petugas kebersihan datang, tempat itu telah bersih dan sampah sudah dikumpulkan dalam kantong plastik sebelum diangkut.

Aksi mereka berlanjut di Ruang Terbuka Hijau Putri Kaca Mayang, sebelah Premiere Hotel. Meski ada tempat sampah dibeberapa sudut taman, sampah tetap saja berserakan di rumput, di ruas jalan dan di sekitar tempat duduk.

Clean the city melakukan ini tiap tahun ketika menyambut tahun baru. Ini tahun ke empat. Idenya berawal ketika mereka melihat banyak sampah pada pergantian tahun. Mereka juga ingin bantu petugas kebersihan.

Seorang pegawai Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Pekanbaru, mengucapkan terimakasih pada kelompok ini. Dia ingin, lebih banyak komunitas yang peduli dan melakukan kegiatan serupa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.